17 March 2016

DIY BOTTLECAP FLOWER HAIRCLIP ( MEMBUAT JEPIT RAMBUT DARI TUTUP BOTOL )

 Hej!

Sudah siap kletak kletik bareng hari ini?

 Suka gemes nggak ngelihat tutup botol yang dibuang begitu aja jadi sampah?
beberapa waktu lalu saya dan suami sempet jajan mie ayam di deket rumah. Dari rumah memang sudah niat banget minta tutup botol untuk berkreasi. Ketika tanya ke penjualnya, sampah tutup botol memang hanya biasa dibuang begitu saja. Jadi Mas Modjo dapat satu plastik tutup botol secara cuma-cuma. Yay!

Sekantung tutup botol itulah yang akan jadi bintang utama di DIY kali ini. Ternyata, bisa banget kok tutup botol ini dijadikan kreasi jepit rambut yang cantik. Mau ikut buat sama-sama nggak? Siapin dulu alat dan bahannya ya..


 yang dibutuhkan untuk DIY kali ini adalah:


1. Tutup botol minuman




2. Jepit Rambut Besi




3. Kain Perca



 4. Pensil



5. Cetakan bentuk bulat kira-kira diameter 8cm dan 6cm


6. Gunting


7. Benang dan Jarum Jahit


8. Glue Gun



Nah, kalau bahan dan alat-alatnya sudah siap semua, tinggal kumpulin niat dan hati yang gembira. Kalau semua sudah siap, yuk langsung bikin aja!



***

Langkah pertama, cetak bagian buruk kain perca yang dinginkan untuk membuat kelopak bunga dan bagian tengah bunga. Warnanya boleh senada, boleh juga bermain tabrak warna dan motif seperti pilihan saya kali ini.

Bagian kelopak bunganya berdiameter 8cm dan butuh 6 kelopak untuk setiap bunganya. Sedangkan bagian tengah bunga yang akan menyelimuti tutup botol berdiameter 6cm.






Setelah dicetak, digunting mengikuti pola tadi.




ini dia hasilnya setelah semua kain digunting. 12 lingkaran untuk kelopak dan 2 lingkaran yang lebih kecil untuk bagian tengah bunga:




Sekarang, mulai masuk ke tahapan yang lebih seru. 
Lingkaran kelopak tadi dilipat menjadi dua bagian.







Setelah  membentuk setengah lingkaran, jahit tepian lengkungnya dengan tusuk jelujur


Hasil jahitnya nanti akan membentuk 1 buah kelopak. Teruslah menjahit kelopak lain sambung-menyambung hingga 6 buah kelopak habis seluruhnya.






Tinggalkan dulu kelopak bunga yang sudah hampir selesai tadi. Sekarang siapkan tutup botol, kain perca lingkaran kecil, dan glue gun.

Selimuti tutup botol dengan perca tadi, lalu lipat bagian tepi kain ke dalam tutup botol lalu rekatkan sedikit demi sedikit dengan glue gun. Tipsnya, sewaktu merekatkan kain harus agak ditarik agar hasilnya lebih rapi.


Setelah semua bagian tutup botol tertutup, rekatkan dengan kelopak bunga tadi menggunakan glue gun. Lakukan hal yang sama dengan bunga yang satunya.

Setelah 2 buah bunga siap, maka sekarang tinggal direkatkan dengan jepitan besinya menggunakan glue gun.






Tekan-tekan bunga dan jepitan besi agar merekat dengan sempurna. Kemudian, rapikan posisi kelopak yang saling bertumpukan agar lebih rapi.


Seperti ini hasilnya jika dilihat dari bagian belakang:


Jepit bunga dari tutup botol pun siap melengkapi penampilan kamu..



Seperti yang saya sudah bilang tadi, saya lebih suka padu padan perca yang bertabrakan motif dan warnanya. Jadi tantangan berbeda lagi memadukan motif yang nggak sama tapi tetap enak dilihat. Selain itu, bermain dengan warna warna juga bisa jadi terapi penghilang stress, lho!

Jangan lupa dicoba ya...
Oiya, Kalau nanti sudah dicoba, boleh juga kok di Link Back ke blog ini, atau post di instagram dan tag @helloviane ya...

Terimakasih..



Love, 
Viane


Photo by: Le Husband